2021, SAATNYA PERGURUAN TINGGI HIJRAH

2021, SAATNYA PERGURUAN TINGGI HIJRAH

Oleh : Dr. Adian Husaini (www.adianhusaini.id)

            Tahun 2021 di depan kita. Pandemi Covid-19 masih melanda umat manusia. Sembilan bulan lebih, kampus-kampus di seluruh Indonesia dipaksa untuk menerapkan pembelajaran ‘daring’.  Belum jelas kapan pandemi ini akan berakhir. Semoga segera. Tetapi, sistem pembelajaran daring diperkirakan akan terus diberlakukan. Banyak kemudahan untuk dosen dan mahasiswa.

Karena itu, kini saatnya berpikir. Bahwa, sudah saatnya Perguruan Tinggi kita berubah,  lalu berhijrah. Berhijrah dari sekedar tempat mencari gelar dan ijazah formal, menjadi ‘taman ilmu dan adab’;  berubah dari perhatian yang berlebihan terhadap soal formalisme dan manajerialisme, menjadi ‘kampus merdeka’ yang mengutamakan ilmu dan kemerdekaan berpikir.

            Inilah kunci kebangkitan bangsa kita ke depan!  Biarlah Presiden dan menteri datang silih berganti. Perguruan Tinggi kita harus segera berubah. Dan itu tidak bergantung kepada siapa Presiden atau Menteri Pendidikannya. Syukur-syukur, Presiden dan Menteri Pendidikan memang serius membuat perubahan Perguruan Tinggi kita. Tentu akan berdampak besar kepada perubahan ke arah kebaikan.

            Perbaikan Perguruan Tinggi adalah langkah strategis perbaikan bangsa secara keseluruhan. Dunia sudah mengakui hal itu. Bahkan, bagi negara tertentu, Perguruan Tinggi menjadi alat penting dalam meneruskan dominasi internasional. Philip Coombs, mantan wakil Menteri Luar Negeri AS semasa pemerintahan John F Kennedy, menyatakan, bahwa pendidikan dan budaya adalah “aspek keempat” dari politik luar negeri, disamping ekonomi, diplomasi dan aspek militer. (Philip Coombs, The Fourth Dimension of Foreign Policy: Education and Cultural Affairs (New York: Harper and Row, 1964. Dikutip dari pidato Profesorial Prof. Wan Mohd Nor Wan Daud di UTM, 2013, Islamization Of Contemporary Knowledge And The Role Of The University In The Context Of De-Westernization And Decolonization).

*****

Dalam perspektif Islam, pendidikan di tingkat Perguruan Tinggi sejatinya adalah pendidikan untuk orang dewasa. Nabi Muhammad saw adalah pelopor perbaikan Pendidikan Tingi. Beliau adalah pendidik terbaik yang mencontohkan bagaimana dalam waktu singkat mampu mengubah bangsa Arab, dari bangsa tak diperhitungkan, menjadi bangsa hebat di tingkat global. 

Lanjut baca,

https://member.adianhusaini.id/member/blog/detail/2021,-saatnya-perguruan-tinggi-hijrah

 

Dipost Oleh Super Administrator

Admin adianhusaini.id

Post Terkait

Tinggalkan Komentar