2021: TERUSLAH BERBURU ILMU DAN KEBAHAGIAAN

2021: TERUSLAH BERBURU ILMU DAN KEBAHAGIAAN

 Oleh: Dr. Adian Husaini (www.adianhusaini.id)

            ”Dan katakanlah, Ya Rabbi, tambahlah ilmuku!”. (QS Thaha: 114). Itulah perintah Allah SWT kepada Nabi Muhammad saw. Doa itu menunjukkan begitu pentingnya kedudukan ilmu dalam Islam. Setiap saat, kita diminta selalu menambah ilmu, dimana saja, dan kapan saja!

            Ilmu merupakan hal yang sangat mendasar dalam kehidupan manusia. Dan Islam adalah agama yang sangat menghargai ilmu. Al-Quran merupakan Kitab yang begitu besar perhatiannya terhadap aktivitas pemikiran dan keilmuan. Ini, misalnya, tergambar dari penyebutan kata “al-‘ilm”  dan derivasinya yang mencapai 823 kali.

            Bahkan, yang diajarkan pertama kali kepada Nabi Adam a.s. adalah pengetahuan tentang nama-nama benda (QS al-Baqarah:31). Wahyu pertama yang diturunkan kepada Nabi  Muhammad saw berkaitan dengan perintah membaca (Iqra’) dan menulis yang disimbolkan dengan ”pena” (qalam). Wahyu ini pun sudah berbicara tentang proses penciptaan manusia yang berasal dari ”al-alaq” (sesuatu yang melekat). Tetapi, sejak awal, sudah diingatkan, bahwa proses membaca dan belajar tidak boleh dipisahkan dari dasar keimanan.

            Semua harus dilakukan dengan nama Allah (Iqra’ bismi rabbikalladzii khalaq). Karena itulah, tradisi ilmu dalam Islam sejak awal sudah bersifat ”tauhidiy”,  tidak sekuler, tidak mendikotomikan antara unsur dunia dan unsur akhirat; antara ilmu-ilmu dunia dan ilmu akhirat; semua ilmu itu bermuara pada satu tujuan: yaitu untuk mengenal (ma’rifah) kepada Allah SWT dan mencintai ibadah kepada-Nya.

Maka, Allah perintahkan: ”Ketahuilah, sesungguhnya tiada Tuhan yang patut disembah kecuali Allah.” (QS Muhammad:19). Jadi, untuk sampai pada kesimpulan, bahwa”Tidak ada Tuhan selain Allah”, harus berdasarkan ilmu; bukan atas dasar ikut-ikutan.          

            Al-Quran menjelaskan perbedaan antara orang yang berilmu dan yang tidak berilmu. Orang yang beriman dan berilmu akan diangkat derajatnya: Katakanlah, tidaklah sama, orang yang tahu dan orang yang tidak tahu.” (QS az-Zumar:9). “Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman diantara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu, beberapa derajat.” (QS al-Mujadalah:11). 

Lanjut baca,

https://member.adianhusaini.id/member/blog/detail/2021:-teruslah-berburu-ilmu-dan-kebahagiaan

 

Dipost Oleh Super Administrator

Admin adianhusaini.id

Post Terkait

Tinggalkan Komentar